Friday 24 April 2015

Tips Menulis Artikel ala EA's Blogging !


 Artikel adalah bahan utama yang pastinya harus ada di Blog Brosist sekalian... Tanpa artikel, Apa gunanya Brosist punya sebuah blog, Iya nggak ? Nah, Dalam menulis sebuah artikel, Kadang banyak yang masih bingung... Bagaimana sih tips menulis artikel yang baik dan benar di mata pengunjung blog ? Atau bagaimana sih cara menulis artikel yang baik, agar cepat nangkring di halaman pertama search engine ? Ini dia sedikit tips & trik bagaimana cara Menulis Artikel Blog yang Baik ala EA's Blogging... Yuk, Kita cek !



Buatlah diri Brosist Se-Rileks mungkin saat Menulis.


Yup, Kondisi tubuh memang tak bisa berbohong tuh... Jika memaksakan menulis dalam kondisi ngantuk, lelah, atau terburu-buru, Pasti hasilnya nggak bakal maksimal Brosist ! Oleh karena itu, Buatlah diri kita serileks mungkin, agar mood kembali naik, dan inspirasi kembali mengalir. . . Kalau EA's Blog sih, biasanya dengan kursi & sandaran empuk, Playlist musik favorit, plus ditambah secangkir kopi panas, Wah langsung "On Fire" lagi deh. . .


Tentukan Topik Artikel ! 


Dalam rangka untuk menulis artikel yang baik, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih topik yang Brosist ingin tuliskan. . . Cara mudah untuk menaikkan Trafik dengan metode ini, sekaligus apabila Brosist sekalian sedang minim inspirasi untuk bahan artikel, adalah Menulis Artikel yang Uptodate... seperti yang sudah kita bahas dalam : Artikel Bagaimana sih yang Mendatangkan Trafik, di kesempatan sebelumnya. . .


Persempit Topik, dan Bagilah ke dalam Beberapa Artikel 


Setelah menemukan topik yang tepat, dan siap untuk mulai menulis... Satu hal yang bisa EA's Blog sarankan adalah untuk mempersempit pembahasan topik artikel... Jika memang bahan topik yang kita miliki punya banyak sub-pembahasan, maka tak ada salahnya untuk membaginya ke menjadi beberapa artikel yang Brosist kaitkan via Link. . . Metode ini sesungguhnya sudah banyak diaplikasikan di beberapa Media Online, yang membuat pengunjung akan meng-klik artikel lainnya... Jadi tambah banyak deh pageviews nya ! So, Sambil menyelam minum air kan ?



Gunakan Judul Artikel yang Mengundang Ketertarikan Pembaca !



Tak hanya sekedar isi Artikel yang baik, Namun judul yang baik juga diperlukan untuk Meningkatkan Trafik Blog... Gunakan kata-kata yang sedikit "mengundang" pembaca untuk mengklik artikel tersebut. . . Maksudnya gimana sih Kang Eno ?

Begini nih Brosist... Contohnya Brosist membuat Artikel berjudul " Bagaimana Sih Artikel yang Bisa Mendatangkan Visitor ? ". . . Terlihat dari kata-kata yang digunakan, Jelas kurang menarik bagi pembaca bukan ? Nah, Cobalah dengan mengganti judulnya semisal "Artikel Jitu Untuk Mendatangkan Ribuan Trafik" atau "Artikel Jitu Untuk Mendatangkan Visitor Blog !" ... Tentunya lebih mengundang pembaca untuk mengklik Artikelnya bukan ? So, Ayo segera dicoba...!


Perdalam Pemahaman tentang Topik Artikel ! 


Setelah paham trik ringan untuk menulis seperti yang dijelaskan di point sebelumnya... Brosist juga harus memiliki pemahaman yang mendalam soal artikel tersebut ! Jangan hanya sekedar copy-paste lalu dipublish sesuka hati. . . Baca dulu literatur, risalah, atau artikel yang punya kesamaan dengan topik pilihan Brosist, sampai Brosist yakin telah menguasai (atau setidaknya mengerti) topik dalam setiap aspek. . . Karena satu hal yang perlu diingat, Pemahaman Brosist sekalian tentang Topik artikel, nantinya juga akan menentukan kualitas artikel yang akan Brosist tuliskan di Blog. . .


 Buat Paragraf Pertama sebagai Inti dari Artikel



Oke, Kini waktunya kita mulai untuk menulis sebuah artikel untuk Blog kita... Pada bagian pendahuluan, atau di paragraf pertama artikel, Buatlah itu menjadi ide inti dari setiap paragraf yang akan Brosist tuliskan nantinya. . . Gunakanlah kata-kata yang se-menarik mungkin ! Karena awal paragraf di sebuah artikel akan menjadi tolak ukur bagi pengunjung blog, apakah mereka akan lanjut membaca atau tidak. . .



Gunakan Bahasa yang Formal & Mudah Dimengerti !



Oke, Mungkin Brosist adalah seorang dengan ilmu Bahasa yang tinggi... Tapi, please deh, Jangan terlalu banyak digunakan di Artikel dong, apalagi yang sulit untuk dimengerti. . . Buatlah sebuah artikel yang menggunakan Bahasa yang Formal, dan tak terkesan memusingkan pengunjung blog sekalian. . . Buatlah Artikel tersebut menjadi "ramah" untuk dibaca oleh berbagai kalangan, sehingga maksud & tujuan Topik artikel bisa dipahami dengan mudah. . .

Bagaimana kalau Saya seneng pakai Kalimat yang Khas Daerah Kang Eno ? Ya jelas boleh-boleh aja koq... Yang penting penggunaan kata-kata tersebut jangan terlalu banyak yaa Brosist. . . Jika memang kata-kata (bahasa daerah) yang Brosist gunakan terlalu sulit dimengerti pembaca, Buatlah kata tersebut berada dalam tanda kurung, huruf miring (italic), ataupun dengan tanda petik. . .




Cek Kembali Artikel Brosist




Nah, Setelah selesai dengan semua Tips & Trik diatas... Bagian terakhirnya adalah jangan lupa untuk mengecek hasil tulisan Brosist sekalian yaa. . . Pastikan tulisan yang sudah kita buat tidak ada kesalahan dalam pengejaan, ataupun ada kata yang disingkat-singkat. . . Selanjutnya, Brosist bisa manfaatkan sedikit Trik yang telah EA's Blogging jabarkan sebelumnya untuk meningkatkan visitor yang membaca tulisan hebat dari Brosist sekalian, Seperti Optimalkan Trafik & SEO Blog dengan Facebook !


Selamat Mencoba.... :) 

No comments:

Post a Comment