Tuesday 28 April 2015

Ini Dia Perbandingan Wordpress vs Blogspot Versi 2015 !




Baik Blogger (Blogspot) maupun Wordpress (wordpress.com), keduanya adalah platform blogging gratis yang sangat EA's Blog rekomendasikan untuk memulai aktivitas Blogging. . . Keduanya seakan telah menjadi trademark tersendiri di kalangan blogger... serta sama-sama punya user-interface yang sangat mudah dipahami, Sekalipun jika Brosist adalah seseorang yang benar-benar awam tentang dunia ngeblog. . . Lantas, Manakah diantara kedua platform ini yang paling memenuhi aktivitas kita untuk ngeblog ? Yuk, Kita cari tau aja segala kelebihan dan kekurangan kedua "sahabat blogging" ini Brosist... Cekdisot !!


(Perlu penekanan disini, Yang dibandingkan adalah Wordpress.Com & Blogger.Com ! Jadi Wordpress self-host atau WP.Org, tentu saja kita sisihkan dari komparasi ala EA's Blogging ini)



User Interface



Tampilan User Interface Blogspot 2015
Tampilan User Interface Blogspot 2015


Blogger dalam hal ini memiliki tampilan yang lumayan komplit, dan juga bersahabat dengan user/penggunanya... Tampilannya sangat khas, dengan warna oranye menghiasi beberapa sudut menunya. . . Brosist bisa melihat statistik, mengatur postingan, halaman, serta tetek bengek tentang tampilan Blog dengan hanya sekali klik saja tuh. . . Sayangnya, Interface nya terasa membosankan tuh Brosist... Karena sejak EA's Blog pertama kali membuat akun blogspot tahun 2011 silam, Tampilannya tak banyak berubah euy. . .



Tampilan User Interface Wordpress.com
Tampilan User Interface Wordpress.com Update 2015


Nah, Untuk Wordpress bisa dibilang selangkah lebih maju ketimbang Blogger tuh Brosist. . . Di menu Wordpress, Kita bisa melihat Real-Time Statistik berikut dengan artikel, kategori & tag yang paling laris-manis dikunjungi oleh pembaca sekalian... Selain itu kita juga bisa menganalisa perbandingan visitors hari ini dengan hari kemarin, seminggu silam, ataupun sebulan sebelumnya, berikut dengan info lengkap soal sumber pengunjung, negara asal, dan juga yang lainnya (Oh man, I Trully Love This Feature) ! Selain hal tadi, Keduanya EA's Blog rasa tak jauh berbeda. . .



Tampilan Blog




Tampilan Blog versi Blogspot
Tampilan Blog versi Blogspot, Lumayan Cakep Kan ?


Dalam urusan tampilan, Blogger memperbolehkan kita memodifikasi tampilan kita sampai tingkat yang rumit sekalipun. . . Jadi, Apabila Brosist menginginkan tampilan yang simple, hingga yang mewah layaknya Website Profesional sekalipun, Blogger bisa "jabanin" koq ! Platform yang akrab disapa Blogspot ini juga memungkinkan untuk kita kustomisasi sedemikian rupa, melalui fitur CSS & Edit HTML yang terdapat di menu-nya. . . Asal ngerti cara edit HTML & CSS, Beres lah pokoknya !


Tampilan Blog versi Wordpress.com
Tampilan EA's Blog | enoanderson.com di Wordpress, So Simple...


Sementara itu untuk Wordpress, kita sebagai user hanya dibatasi memakai tampilan tertentu saja, yang kesemuanya disediakan oleh WP (Dan kebanyakan temanya sucks, alias gitu-gitu aja !). . . Templatenya rata-rata adalah Tampilan Blog yang Simple & Responsive, dan terdiri dari 1 hingga 3 kolom. . . Jika ingin mengupgrade tampilan ke yang lebih baik, Kita diharuskan membayar sesuai dengan harga tema yang disediakan WP di showcase (dan nggak bisa beli dari luar loh ya). . . Dan sedihnya lagi, Untuk mengupgrade tampilannya nanti (ganti font, css, dan lain-lain), Kita lagi-lagi harus keluar biaya ! Huufftt....


Kadar SEO



Karena EA's Blogging masih Bau Kencur, Jadi Pastinya kalah jauh ketimbang EA's Blog...


Untuk Blogspot (Blogger), Kita diharuskan mengerti HTML ataupun menggunakan template SEO-Friendly untuk mendapatkan hasil terbaik di search-engine, khususnya google. . . Penggunaan meta-tag, keyword, SEO on-page, Off-page, dan tetek-bengek lainnya, adalah suatu keharusan bila Blog kita ingin bersaing di halaman pertama google, terlebih untuk kata kunci (keyword) yang persaingannya ketat. . .


SEO EA's Blog | enoanderson.com boleh lah diadu di Keyword Utama....


Berbeda cerita dengan Blogger, Wordpress menawarkan sesuatu yang sangat disukai bahkan dicintai oleh Blogger manapun, Yakni SEO-Optimized. . . Ini artinya, Kita tak harus mengerti seluk-beluk tentang SEO untuk bisa bersaing di halaman pertama google, Cukup dengan menulis artikel & konten berkualitas, Kita sudah bisa bersaing di mesin pencari... Hal ini disebabkan karena, Secara otomatis Wordpress sudah mengoptimasi kadar SEO Blog kita tuh Brosist. . . So, Tinggal enjoy menulis, dan rasakanlah visitor yang berlimpah terus. . .


Monetisasi



Salah Satu Advertiser Langganan EA's Blog selain Adsense, Popcash !



Blogger mengijinkan usernya untuk memodifikasi blog sebebasnya, asal masih sesuai dengan kebijakan (TOS) mereka... Ini berarti, Kita bisa menambah iklan sebebasnya, dan sesukanya, asal masih dalam kategori nggak melanggar TOS tuh Brosist. . . Dan asiknya lagi, Kini ada banyak banget advertiser yang berkualitas dan terbukti membayar tinggi (Telah dibuktikan sendiri oleh EA's Blog) seperti Chitika (Reccomended), Popcash (Reccomended), PropellerAds, Adhexa, hingga yang disediakan google sendiri yakni Adsense. . . Cara mendaftarnya pun cukup mudah, Tinggal klik saja link diatas dan register untuk mendulang pundi-pundi dolar. . . Sudah bikin blognya gratis, Dapat uang pula !



Iklan Wordads di Wordpress 2015
Nih dia Iklan Spesial di Wordpress.com, Namanya WordAds !


Dan kembali lagi, Perbedaan cerita bisa kita temui di Wordpress... Jika Blogspot mengijinkan usernya untuk pasang script iklan yang beraneka ragam jenisnya, Maka tidak demikian dengan platform blogging yang satu ini. . . Yup, WP.COM tidak mengijinkan usernya untuk memasang segala jenis iklan, script, atau banner apapun di Blog kita ! Jika tetap membangkang, Maka Banned Permanen adalah jawaban dari pihak WP. . . Meskipun demikian, Kita tetap bisa koq mendulang pundi-pundi dollar dari sana koq... Caranya adalah dengan bergabung dengan program periklanan yang mereka sediakan yakni WordAds. . . Persyaratan & Metode Pengajuannya bisa Brosist lihat di Artikel Mendapatkan Uang dari Wordpress bersama WordAds. . .


Kepemilikan Blog






Untuk hal ini, Dalam persepsi EA's Blog keduanya memiliki kesamaan tuh Brosist... Yup, Karena di kedua platform ini kita masih menjadi user mereka, atau istilahnya "Ngontrak", Maka kepemilikan atas blog kita juga masih sebatas ngontrak semata. . . Berbeda ceritanya dengan Blog Self-Hosting misalnya, yang sepenuhnya sudah milik kita, dan bisa kita obrak-abrik sesuka hati... Di Blogspot maupun Wordpress, Kita tetap harus mematuhi kebijakan masing-masing platform untuk bisa terus berkarya di dunia Blogging. . . Kalau melanggar gimana Kang Eno ? Ya cukup jelas lah, Jawabannya Banned !! Baik yang temporary, hingga yang permanen !

Lebih ketat yang Mana Kang Eno ? Kalau sepengalaman EA's Blog sih, Lebih ketat di Wordpress deh, Soalnya pernah di banned sekali dari platform tersebut. . . *Curhat :D




Nah, Dari pembahasan ala EA's Blogging yang telah kita simak bareng-bareng tadi, Setidaknya Baik Blogspot maupun Wordpress memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa kita simpulkan sebagai berikut :

Kelebihan Blogspot :


- Tampilan Blog bisa dirubah Sesuka Hati
- Bisa Pasang Script Iklan
- Bisa Mendapat Uang, Walaupun dengan Blog Gratisan

Kekurangan Blogspot :


- Tampilan User Interface Kuno & Ketinggalan Jaman
- Tampilan Statistik Terlalu Sederhana
- Harus Optimasi SEO untuk Hasil Terbaik di Search Engine


Kelebihan Wordpress :


- Tampilan User Interface & Statistik yang Komplit
- Kemudahan Dalam Menulis
- SEO Optimized yang berimbas Gampang Nangkring di Peringkat Atas Search Engine

Kekurangan Wordpress :


- Tampilan Blog Simple & Membosankan
- Harus Keluar Uang untuk Memaksimalkan Fitur di Dalamnya
- Tidak bisa Pasang Script Iklan
- Lebih Mudah Terkena Banned Permanen saat Melanggar TOS




So, Sudah paham kelebihan & kekurangannya masing-masing kan ? Nah, Sisanya tinggal sesuaikan sendiri saja terhadap kebutuhan Blogging Brosist sekalian. . . Jika Brosist sekalian adalah seorang penulis konten sejati, dan tak memusingkan masalah monetisasi Blog, Maka pilihlah Wordpress sebagai andalan saat Ngeblog ! Karena selain user interfacenya lebih bersahabat, juga lebih SEO Friendly loh. . .

Namun, Jika Brosist mengingikan platform blogging yang gratis, serta bisa dijadikan lahan pengais recehan dollar, alias di-monetisasi, Bisa pilih Blogger aja tuh ! Kemudian tinggal pilih advertiser Iklan seperti yang sudah EA's Blog cantumkan diatas deh. . .


So, Happy & Enjoy Blogging !!

No comments:

Post a Comment