Tuesday 14 April 2015

Optimalkan Trafik & SEO Blog dengan Facebook !

 

Facebook adalah salah satu media sosial terpopuler di dunia, dan bisa dibilang sebagai yang nomer wahid di Tanah air... Usernya terdiri dari berbagai kalangan, yang bisa kita manfaatkan sisi traffk & SEO nya dengan artikel menarik sesuai konten blog. . .


Tapi, Apa yang bisa dilakukan facebook terhadap Trafik & kelangsungan blog kita di google atau mesin pencari (search engine) lainnya Kang Eno ? Jawabannya banyak koq, Itu terbukti dengan berhasilnya beberapa artikel EA's Blog nongkrong di halaman pertama mbah gugel, atau mesin pencari paling populer di seantero dunia. . . Tak butuh waktu lama, Cukup dengan beberapa menit, dan facebook akan menunjukan keahliannya sebagai sosial media yang paling tenar di tanah air. . . Caranya gimana tuh Kang Eno ? Oke, kita bahas satu persatu caranya yaa Bro & Sist, here we go...


1. Konten Ter-Update !



Seperti yang pernah EA's Blogging bahas dalam Artikel Konten adalah Raja, Yang pertama dibutuhkan pastinya adalah isi artikel atau yang sering disebut sebagai Konten... Dan sekali lagi EA's Blogging ingatkan, Konten adalah yang terpenting dalam suatu Blog... Catat !! Banyak orang bertanya-tanya, Mengapa artikel saya tak kunjung ada membaik Trafik nya ya Kang Eno ? Atau mungkin, Artikel saya sudah mantep (pake banget) koq, Tapi kenapa yang susah banget nangkring di posisi teratas Search Engine ya Kang ? Jawabannya sih biasanya sangat sepele, namun justru sering dilupakan oleh para blogger sekalian seantero tanah air... yaitu Tulis apa yang orang lain cari, Bukan tulis apa yang kita mau tulis. . . !

Sebagai contoh, EA's Blog seperti yang kalian ketahui bersama, adalah blog dengan tema / niche otomotif roda 2... So, Artikel yang dicari oleh pembaca adalah sesuatu tentang produk otomotif terbaru kan ? Atau pokoknya sesuatu yang happening lah ! Bukan seluk-beluk tentang permesinan yang notabene pembacanya sedikit, dan bahkan kita harus bersaing di search engine demi bisa dapat posisi terbaik di Search engine. . . Iya nggak ?


2. Update Secepatnya !



Brosist sekalian, Satu hal lagi yang harus diperhatikan sebelum kita membahas lebih dalam tentang peranan Facebook bagi SEO, adalah kita diharuskan menulis update artikel secepatnya. . . Jika Brosist berhasil melakukan yang satu ini, Maka dijamin traffic bakal mengalir layaknya mata air pegunungan yang tiada surutnya. . . Caranya gimana tuh Kang Eno ? Gampang koq, Cukup ikuti saja setiap perkembangan niche Blog yang Brosist pilih... Jika ada sesuatu yang baru, dan belum sempat ada di Blog lainnya, Segeralah tulis sesuai dengan keahlian Brosist, dan publish. . .

Eits, Meskipun kita mengutip isi konten dari suatu sumber (dari media cetak atau online misalnya)... Tapi selalu pastikan untuk Tidak Copy Paste artikel milik orang lain ya Bro & Sist. . . Jika memang kontennya update & menarik, Maka tulislah ulang dengan bahasa sendiri... Selain lebih aman di mata search engine, dan menunjukkan gaya tulisan asli kita, juga kita harus menghargai kerja keras para penulis artikel originalnya tuh. . . Kalau sudah ketemu konten terupdate & menarik, Lalu segera tulis ulang dengan bahas sendiri, kemudian Publishlah ! Dan kita akan mulai kepada trik yang selanjutnya. . .


3. Optimasi Facebook !



Jika sudah melakukan 2 poin diatas, Maka saatnya kita sebagai Blogger memanfaatkan media-sosial yang digandrungi masyarakat Indonesia, yakni Facebook. . . Mengapa Facebook ? Yup, Karena Facebook lah yang member/user nya berjumlah super buaannyaak, dan terdiri dari berbagai kalangan... Mulai anak bau kencur, ABG ababil, hingga yang dewasa, dan ibu-ibu bapak-bapak sekalipun. . . Ini tentu memudahkan kita untuk menjangkau berbagai tipe yang kita sasar dengan niche blog kita. . . Contohnya, Jika niche blog nya otomotif layaknya EA's Blog, Maka target yang dipasang tentunya bagi Pria dengan kalangan usia yang beragam. . .


Lanjut... Setelah mempublish artikel, Maka yang dibutuhkan selanjutnya adalah share link artikel tersebut ke Facebook Pribadi ! Tentunya daftar teman (friend) di Facebook Bro & Sist banyak yang satu ketertarikan dengan niche Blog Brosist sekalian kan ? Nah, Jika sudah selanjutnya adalah sharing link Brosist sekalian di beberapa grup yang anggotanya cukup banyak tuh... Eits, Supaya tidak dianggap sebagai spammer, Pastikan hanya sharing link yang relevan dengan isi grupnya yaa. . . Selain kita memberi kontribusi terhadap grup facebook tersebut sebagai pemberi info, Kita juga dapat timbal balik dengan kunjungan yang lumayan banyak bukan ?




Terakhir... Biarkan Facebook & Algoritma Mesin Pencari Google bekerja untuk menghantarkan Artikel Bro & Sist sekalian berada di posisi top search engine... Makin banyak link yang kita sharing di grup atau tempat lainnya di Facebook, Maka percayalah situs buatan Mark Zuckerberg ( sorry, namanya bos pesbuk susah euy diejanya :D ) tersebut bakal menjadi bahan terbaik untuk mempercepat index google & menempatkannya di posisi tertinggi. . . Apalagi, Jika ditambah dengan konten yang berkualitas, Waooowww, Pasti oke banget deh tuh Brosist. . .

EA's Blog sudah rasakan sendiri koq Bro & Sist, Dan hasilnya seperti yang bisa disaksikan di cuplikan 2 gambar diatas tadi, Maknyus !

No comments:

Post a Comment