Saturday, 18 August 2018

Kadang, Sering Terfikir Buat Vakum Ngeblog...

Kalau dulu masalah saya adalah hinaan, bully-an & celaan yang bertubi-tubi dari komentator, sekarang saya jadi jauh lebih kuat. Tapi namanya hidup, satu masalah pergi, datang yang lainnya.



Di tahun 2018 ini, selain kondisi rupiah yang makin melemah, kondisi di blog utama EA's Blogging juga makin amburadul. Biaya hosting & internet bulanan yang makin mahal untuk memuaskan sekitar 500 ribuan pembaca setiap bulannya, nggak sebanding dengan penghasilan adsense blog yang cuma Rp. 400 ribuan perbulan.

Jangankan bisa seperti para senior yang menghasilkan puluhan juta dari blog, bahkan buat urus biaya blog pun setiap bulannya dipaksa nombok. Jangankan bisa bermimpi beli ini-itu, bahkan buat mengurus blog pun masih kesusahan.


Sempat terfikir menerima banner & iklan dari produsen roda 2 beken di Indonesia. Tapi persyaratannya bikin saya mundur teratur, takut mengecewakan pengunjung setia enoanderson.com. Harus beginilah, begitulah, bla-bla-bla.

Setahun lalu sempat ada penawaran ekslusif dari UCNews yang meminta saya jadi penulis Roda 2 disana.... Tawarannya luar biasa gede, alhamdulillah, dapat nafas tambahan. Tapi sayangnya, program tersebut tidak dilanjutkan ke tahun kedua. Saya pun terpaksa balik ke kondisi awal lagi.

Kondisi ini yang membuat saya sempat galau beberapa waktu kebelakang. Haruskah meneruskan blog ini? Haruskah saya rela keluar biaya cuma buat menyampaikan opini & info ke pembaca sekalian, meski kadang sakit hati mendengar ucapan 'blogger amplopan'? Atau pindah aliran ke youtube yang lebih disukai generasi jaman now?

Sementara ini sih jelas saya masih lanjut ngeblog, meski dengan kondisi seperti diatas. Tapi entah sampai kapan saya kuat menahan beban ini.

Jadi buat yang bilang jadi blogger itu enak banget, kata siapaaaaa gobl****k?



1 comment: