Saturday 18 August 2018

Kadang, Sering Terfikir Buat Vakum Ngeblog...

Kalau dulu masalah saya adalah hinaan, bully-an & celaan yang bertubi-tubi dari komentator, sekarang saya jadi jauh lebih kuat. Tapi namanya hidup, satu masalah pergi, datang yang lainnya.



Di tahun 2018 ini, selain kondisi rupiah yang makin melemah, kondisi di blog utama EA's Blogging juga makin amburadul. Biaya hosting & internet bulanan yang makin mahal untuk memuaskan sekitar 500 ribuan pembaca setiap bulannya, nggak sebanding dengan penghasilan adsense blog yang cuma Rp. 400 ribuan perbulan.

Jangankan bisa seperti para senior yang menghasilkan puluhan juta dari blog, bahkan buat urus biaya blog pun setiap bulannya dipaksa nombok. Jangankan bisa bermimpi beli ini-itu, bahkan buat mengurus blog pun masih kesusahan.


Sempat terfikir menerima banner & iklan dari produsen roda 2 beken di Indonesia. Tapi persyaratannya bikin saya mundur teratur, takut mengecewakan pengunjung setia enoanderson.com. Harus beginilah, begitulah, bla-bla-bla.

Setahun lalu sempat ada penawaran ekslusif dari UCNews yang meminta saya jadi penulis Roda 2 disana.... Tawarannya luar biasa gede, alhamdulillah, dapat nafas tambahan. Tapi sayangnya, program tersebut tidak dilanjutkan ke tahun kedua. Saya pun terpaksa balik ke kondisi awal lagi.

Kondisi ini yang membuat saya sempat galau beberapa waktu kebelakang. Haruskah meneruskan blog ini? Haruskah saya rela keluar biaya cuma buat menyampaikan opini & info ke pembaca sekalian, meski kadang sakit hati mendengar ucapan 'blogger amplopan'? Atau pindah aliran ke youtube yang lebih disukai generasi jaman now?

Sementara ini sih jelas saya masih lanjut ngeblog, meski dengan kondisi seperti diatas. Tapi entah sampai kapan saya kuat menahan beban ini.

Jadi buat yang bilang jadi blogger itu enak banget, kata siapaaaaa gobl****k?



10 comments:

  1. Baru tertarik pas bahas battery, gw pembaca bukan pembaca setia, tapi ngeliat blog satu ini, cuma berharap jangan putus. Mainin Youtube boleh banget, tapi quality tetap diatas.
    Untuk monetisisasi gw masih ngeliat ada harapan di kang enno.

    ReplyDelete
  2. yahh, begitulah kadang idealis perlu banyak pengorbanan yang mau tdk mau harus dihadapin juga, walau berat... semoga blog ini bisa bertahan

    ReplyDelete
  3. Saya tahu blog ini dari YouTube,dari YouTube lah aku mengenal Enoanderson,menurut saya blog tetap teruskan,tapi YouTube lebih menjanjikan untuk generasi sekarang,, cara penyampaian blog ini apa adanya lain dari blogger lain,,terus berkarya bang,sukses akan menantimu.

    ReplyDelete
  4. kang eno, saya pembaca setia kang, kadang memang untuk ngeblog dibutuhkan lebih dari sekadar impian dan cita cita kang, tp kami terhibur dari isi bacaan kang eno. kalo memang bertahan d wordpress gagal, bikin d blogspot aja, yg ptg jangan vakum kang..
    terakhir.. semangat kang.

    ReplyDelete
  5. Yang kuat om eno kangen artikel om eno sama channel youtube om eno , semangat om eno, minal aidzin walfaizdin om eno sehat terus ya

    ReplyDelete
  6. Blog yang beda + keren gaya penulisannya,PERTAHANKAN kang..PERJUANGAN BUTUH PENGORBANAN

    ReplyDelete
  7. Numpang ya bossku ^^

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    ReplyDelete
  8. di blogspot bisa dikasih adsense bro. Teruskan ngeblog disini bisa.

    ReplyDelete