Tuesday 21 July 2015

Ngeblog Bukan Jualan ! Realita Kualitas vs Kuantitas...

Dalam dunia blogging mutu (kualitas) konten yang kita sajikan ke pembaca adalah yang nomor wahid ! Nggak ada yang nyangkal hal tersebut Bro. Coba anda sekalian tanya ke blogger "guru", atau para profesional lainnya, Pasti jawabannya sama persis seperti yang saya sebutkan tadi (tapi bukan berarti saya juga "guru" atau profesional loh ya, aku mah apa atuh)....






Beda halnya dalam metode penjualan, Kalau kita jualan, Semakin banyak barang yang kita sajikan ke pembeli, Maka bakal semakin bagus dan terlihat bermutu lah warung/toko nya. Misalnya saja kita jualan sabun (kenapa harus sabun sih ? wkwkwkwk)... Otomatis, penjual nggak boleh cuma sediain sabun mandi dong, perlu ada sabun cuci, sabun cuci piring, sabun colek, sabun cuci motor, sabun buat burung #eh, dan sabun-sabun yang lainnya. Itu baru tipenya, belum kalau kita hitung soal berbagai merek yang ada di pasaran. So, bakal makin banyak kan ?


Tapi prinsip jualan jelas harus beda dengan prinsip blogging. Orang sukses ngeblog itu bukan cuma dilihat dari berapa banyaknya artikel yang dia buat di blognya, Tapi seberapa bermutunya kualitas konten yang disajikan untuk pembaca.

Bukan hanya copy-paste 10 artikel terus di publish di Blog... atau membagi bahasan sebuah hal ke dalam 10 artikel... Terus, Apa bedanya dengan media-online ? Bukannya kita lebih baik langsung membaca di media tersebut (dibanding membaca di blog), yang sudah pasti bisa dipertanggung jawabkan ?

Ada nggak Blogger yang sukses dengan hanya update 1 artikel per hari atau 1 artikel per seminggu ? Jawabannya, Banyak ! Search aja di mbah google kalau nggak percaya....




Ya, Saya paham betul kalau makin banyak artikelnya, maka kesempatan mendulang pundi-pundi uang dari blog pun bakal makin besar... Tapi, Bloody hell ! Apa segitu saja kemampuan anda sebagai blogger ? segitu saja kemampuan menulis anda membahas sesuatu yang anda sukai (karena ngeblog biasanya didasari dengan hal yang kita sukai, iya nggak ?)

Kecuali... Anda-anda sekalian memang berniat menganggap pembaca sebagai pembeli. Maka, Anda sukses menjadi blogger jualan (istilah macam apa itu, wkwkwk). . . Dan untuk para pembaca blog tersebut, Selamat ! Anda sukses menjadi pembeli sekaligus pembesar blogger-blogger non-kreatif yang selanjutnya.... Oh, Dear.....


 Many Thanks for You Guys to Read My Story... :)

 Kang Eno - Admin & Owner enoanderson.com

2 comments: