Saturday, 29 August 2015

Review Advan Vanbook W100 Untuk Ngeblog, So Far - So Good !

Nggak kerasa, Sudah beberapa bulan EA's Blogging habiskan waktu bersama "Mainan" baru saya ini. Dari yang awalnya nggak niat beli, atau tepatnya nggak ada pilihan lain, hingga sekarang saya benar-benar sudah khatam betul tentang Advan Vanbook W100 ini.

Yap ! Bulan Mei 2015 silam, Adalah momen pertama "Tablet rasa PC Beneran" ini ada di genggaman saya, Advan Vanbook W100.  Awalnya sih nggak niat beli, malah mau ambil laptop sekalian. Tapi berhubung harga laptop sekarang makin nggak karuan, plus saya nggak mau bawa barang yang berat-berat saat jalan jauh, Jadi ya sepertinya saya harus cari Alternatif lain. Dan karena saat itu belum ada pilihan lain, Akhirnya ya sudah, Kocek Rp. 2,5 Juta pun saya keluarkan demi menebus Tablet satu ini, Komplit dengan Keyboard External nya.

Bagaimana review & impresi pemakaian Advan Vanbook W100 bersama EA's Blogging ? Yuk, Sama-sama kita bahas...



Desain







Di bagian depan layar menggunakan bahan plastik, Tampilannya standar, hanya ada tombol sentuh Home di bagian bawah, serta Kamera depan di bagian atas. Dalam posisi portrait (berdiri), Port Micro USB & 3,5mm Headset Jack berada di sisi atas tablet, sementara tombol power & volume ada di bagian sisi kanan. Sementara itu, Back cover belakang menggunakan bahan sejenis alumunium yang terkesan kesat, dengan sisi-sisi yang masih dibalut plastik. Ada logo Advan besar di tengahnya, Sementara sisi atas plastik back-covernya bisa dibuka untuk memasukkan Memori MicroSD & Slot SIM.

Build Quality nya gimana Kang Eno ? Cukup satu kata aja deh buat menjelaskannya... CHEAPY ! Ya, Terkesan murahan gitu deh Bro & Sist. Waktu memegangnya ada kesan ringkih, dan "kriyet-kriyet" gitu. Kalau mau membandingkan, ASUS Zenfone C yang saya belikan untuk orang tua masih jauh lebih apik deh ! Padahal harga cuma setengahnya Advan Vanbook W100 ini.



Layar




Kalau berbicara soal layar, Dalam spesifikasinya Advan Vanbook W100 ini mengusung bentang layar Touchscreen seluas 9,6 inci, alias 10 inci kurang dikit lah... Plus Layar berjenis IPS yang punya resolusi 800 x 1260 pixel (157 ppi). Sayang, Masih minus Gorilla Glass atau pelindung layar sejenisnya euy Brosist, Jadi harus pakai anti-gores dulu biar aman dari scratch yang bakal mengganggu pemandangan...

Tampilannya gimana kang eno ? Standar ! Nggak ada yang istimewa. Bahkan wallpaper bawaannya pun kadang masih terlihat buram dilayarnya, Serius deh. Yang menolong hanyalah ukuran layar yang terasa besar dan cukup membantu saat diajak browsing membuka satu situs ke situs lainnya.

Kalau Touchscreen nya responsif nggak Kang ? Untuk urusan sentuh-menyentuh layar bisa dilakukan dengan mulus koq. Layarnya tergolong responsif untuk menerima input sentuhan, Saya nggak pernah menemui masalah di sektor ini. Tapi, Kalau menurut saya, Windows 8.1 Bing plus Touchscreen itu rada aneh euy dipakainya... Entah memang aslinya demikian, atau karena faktor saya yang kebiasaan pakai mouse di PC. Heheheee


Kinerja






Ditenagai Prosesor Intel Atom BayTrail Quad Core 1,33 Ghz (@22nm), Plus ditopang RAM 1GB, dan OS bawaan Windows 8.1 Bing, Advan Vanbook W100 tentunya kurang tepat untuk para pecinta game-geeks sekalian... Performanya selama pemakaian yang saya lakukan juga terkesan standar-standar saja, Namun masih cukup pantas lah untuk disejajarkan dengan netbook diatas 3 juta lainnya...

 Untuk browsing menggunakan aplikasi bawaan (Internet Explorer + Bing) tergolong cepat & nyaman. Namun kalau saya pribadi sih lebih prefer menggunakan Google Chrome... Nggak tau kenapa, Malah terasa lebih enteng euy. Sayang, Lantaran RAM yang masih 1GB, Membuat aksi buka tab hingga puluhan pun bakal tersendat... Semoga saja di seri selanjutnya Advan bisa memberikan RAM minimal 2GB atau kalau bisa malah lebih lagi, supaya kinerjanya makin ciamik !

Baterai yang tertera di spesifikasi adalah 6.000 mAh, which is WOW ! Tapi saat dipakai, Ternyata tidak se-wow yang saya kira tuh Brosist... Baterainya dari full saya gunakan selama kurang lebih 6-7 jam full usage (Wi-Fi, Chrome, Office, Streaming) juga sudah tekor berat ! Kendala selanjutnya adalah waktu charge yang cukup lama, Saya pernah mengetes charge selama 3 jam dan hasilnya baru sekitar 60%... Karena bosan menunggu, Ya sudah saya tinggalin aja deh sampai semalaman.



Untuk urusan pekerjaan, Tablet Windows 8.1 ini sudah siap koq diajak kerja ! Dalam paket pembeliannya sudah tersedia Office 365 (harus install lagi), dan kalau nggak cocok sama Office 365, Brosist juga bisa install Program pengolah data khas ala Microsoft lainnya koq... Ini termasuk salah satu poin plus saya terhadap tablet ini, Karena ringan dan gampang dibawa, Jadi enak dibawa kerja kemana aja euy, Ciyus deh !

Kekurangan selanjutnya yang cukup mengganggu adalah keberadaan Memori Internalnya yang terasa sangat kecil. Dari ROM 16GB yang disediakan, User hanya bisa mengakses sekitar 9,56 GB saja tuh... Saat saya selesai menginstall Mozilla Firefox & Google Chrome, Terlihat memori hanya tersisa 1,94 GB... Beruntungnya, Advan Vanbook W100 ini sudah disediakan slot memori eksternal hingga 64 GB - yang nantinya bisa diutak-atik juga sebagai penyimpanan aplikasi.

Oiya, Bagi yang menanyakan Apakah Advan Vanbook W100 ini bakal dapet Update Windows 10 secara cuma-cuma ? Maka jawabannya adalah IYA ! Tuh, Brosist bisa lihat sendiri, Microsoft menawarkan update Windows 10 secara cuma-cuma... Tapi belum saya pakai, Soalnya lagi ngirit kuota euy. Hahahahaa


Lainnya







Oiya hampir lupa, Advan Vanbook W100 ini juga sudah dibekali dengan Keyboard Wireless Bluetooth juga lho... Kalau nggak salah sih jualnya sepaket, Tapi menurut beberapa penuturan teman yang ikutan beli, ada juga yang menawarkan Tablet-Only seharga 2,2 sampai 2,3 jutaan, dengan Keyboard dijual terpisah seharga 200 ribuan. Pokoknya, Kalau saya sih beli Rp. 2,5 Juta sudah komplit !

Oiya, Jika menginginkan pilihan yang lebih murah, Ada Advan Vanbook W80 (Layar 8 inci) koq Brosist ! Saat artikel ini ditulis, Harganya hanya sekitar Rp. 2,1 jutaan, Namun sepertinya belum termasuk Keyboard Wireless tuh.

Keyboard Wirelessnya cukup asik untuk dipakai ngetik, Tuts nya nggak terlalu besar & nggak terlalu kecil. Proses pairingnya juga lumayan cepat, hanya perlu mengetik kode pairing dan voilaaa, Sukses deh terhubung ! Penggunaannya juga nggak jauh beda dengan Keyboard PC saya yang ada di rumah... Hanya saja, Di keyboard ini nggak ada fasilitas Print Screen (PrntScr) nya tuh Brosist. Jadi kalau mau screenshot, Saya menggunakan aplikasi tambahan berupa snipping tool.

Modelnya cukup menarik, karena ditambah case gratis juga dalam penjualannya. Keyboard ini menempel dengan kuat di Case dengan bantuan magnet. Case ini bisa membuat tablet berubah layaknya laptop sungguhan... Tinggal tambahkan mouse seharga 30 ribuan, Jadi mantep deh kayak laptop ! Hahahahaaa



Dalam paket pembelian juga sudah disediakan Kabel USB OTG, Sehingga Advan Vanbook W100 ini bisa jadi "host" layaknya PC Beneran gitu deh... Kinerja pairing dan copy paste file ke Smartphone saya cukup bisa diandalkan, dan nggak kalah cepat koq sama PC saya yang notabene sudah Intel Core2Quad. Lumayan lah...

Advan Vanbook W100 ini juga sudah dilengkapi dengan slot SIM Card untuk mendapatkan koneksi Internet. Sayangnya, Belum disertai kemampuan untuk telpon & SMS tuh Brosist... Jujur, Saya cuma sekali menggunakan slot SIM Card ini, Karena lebih banyak menggunakan Wi-Fi. Saat saya coba dengan kartu Telkomsel, Lumayan cepat juga koq akses internetnya, dan coverage sinyal nya juga stabil.

Untuk urusan Gaming, Mohon maaf nih, Saya kurang suka nge-game euy... Lagipula melihat spesifikasi yang ditawarkan, Saya rasa tujuan orang membeli tablet ini juga bukan buat nge-game deh.

Kamera nya ? Ah, Sudahlah... Sebaiknya jangan berbicara lebih jauh soal kualitas kamera, Karena kamera 2 MP (depan) & 2 MP (primary) yang dijejali di Advan Vanbook W100 terasa seperti "sekedar ada" saja. Saya pun cuma menggunakannya untuk keperluan Skype saja - Nggak saya pakai untuk keperluan dokumentasi.


Ngeblog !




Nah, Berhubung saya seorang blogger, Jadi rasanya nggak afdol deh kalau kita nggak bahas kemampuan Advan Vanbook W100 ini untuk keperluan ngeblog. Terus terang, Inilah alasan saya membeli Tablet ini, ketimbang untuk menabung sedikit lagi dan membeli netbook kelas entry-level. Karena ya memang asik dipakai buat nulis artikel, blogwalking, pantau sosial media, plus merapikan kode HTML, CSS, Javascript dan lainnya, Tablet ini mantap !!

Alasannya ? 


- Pertama bobotnya ringan, Sehingga bisa saya bawa kemana saja tanpa perlu bawa tas gede layaknya kita membawa laptop/notebook... Dengan ini, Cukup dengan tas pinggang mungil saja, semua peralatan layaknya Keyboard Wireless, Case, OTG, Mouse sudah bisa terbawa...

- Kedua, Kinerjanya mumpuni kalau hanya untuk urusan blogging... Seperti artikel yang sedang Brosist baca ini, Saya tulis via Tablet kesayangan saya. Nggak kehitung deh sudah berapa banyak artikel EA's Blog (Blog utama saya) yang ditulis menggunakan Advan Vanbook W100 ini.

- Ketiga, Karena bentuknya yang berupa tablet, Otomatis saya bisa menulis atau memantau blog sesuai dengan posisi favorit saya... Berbeda dengan laptop yang harus sambil tengkurep atau duduk. Kadang telentang, tengkurep, sambil duduk, sambil bersandar, ngelamun #ehh sesuai dengan posisi yang banyak memberikan kreatifitas saya untuk menulis.


Kesimpulan



Advan Vanbook W100 tidaklah hadir sebagai pesaing laptop, Apalagi jika kita berbicara masalah kinerja. Tablet Windows ini juga bukan merupakan pilihan alternatif karena harganya... Toh, Dengan nambah 1 juta lagi kita sudah bisa mendapatkan netbook yang lumayan, Atau bisa beli laptop second dengan spek yang mumpuni... Atau, kalau anda salah satu tipe orang yang senang nge-game, Maka saya sarankan mengambil tablet Android dan melupakan produk ini.


Terus, Tablet ini lebih cocok untuk karakter yang gimana Kang Eno ? Yap, Tablet ini mumpuni jika digunakan untuk keperluan yang sederhana, Seperti urusan pekerjaan, ataupun Blogging seperti yang saya lakukan sehari-hari. Selain itu, Advan Vanbook W100 ini juga sangat cocok untuk para user yang mengejar portabilitas !

Ya, Sejauh ini menurut saya belum ada netbook/laptop yang mampu mengungguli simple nya tablet ini... Ada sih Notebook Hybrid, Tapi harganya keterlaluan & beratnya juga masih masuk kategori menyiksa bila dipadukan dengan Docking Keyboard nya. Nah, Itu tak akan terjadi dengan Advan Vanbook W100, Dibawa kemana aja oke, Tanpa mengorbankan isi tas yang seharusnya diisi perlengkapan lain. Dan yang lebih penting, Harganya juga bersahabat sama dompet !




Oke, Demikianlah tadi sedikit Review Advan Vanbook W100 yang bisa diulas EA's Blogging untuk pembaca Sekalian. Semoga membantu bagi yang sudah penasaran ya... Mohon maaf kalau reviewnya berantakan, Ya namanya juga tukang review motor atuh euy. Sekalinya bikin review gadget langsung deh ketahuan amatirnya, wkwkwkwk. . .


 Buat Bro-Sist yang minat Advan Vanbook W100, Bisa klik gambar / Link dibawah ini...


Advan Vanbook W100, Windows 8.1 (Upgradeable to Win 10), Intel BayTrail, Cukup 2 Jutaan aja!


Masih kemahalan ? Jangan khawatir, Ada juga versi layar 8 inci dengan harga yang hampir setengahnya !


Advan Vanbook W80, Layar 8 inci, Fitur Sama Persis W100... Hanya Rp. 1,3 jutaan !


- Kang Eno, Admin & Owner EA's Blog enoanderson.com -

2 comments:

  1. Good articel (y)
    Infonya lg dong cara install Mozilla Firefox & Google Chrome gimana ya ? maklum newbie

    ReplyDelete
  2. Alternatifnya ada banyak brand tiongkok yg pake spek lebih, dengan harga yg setara. Cuma rata2 minus g sepaket ma keyboardnya. Brand chuwi & teclast ud ada disini. Procie pake cherytrailn rata2 minimal ram 2gb(yg 4gb jg ada) & internalnya 32 bahkan 64gb

    ReplyDelete