Thursday 25 June 2015

3 Cara Menentukan Niche Blog !



Niche EA's Blog

EA's Blogging - Memulai sebuah blog sebenarnya terasa cukup menantang, bahkan jika Brosist sekalian adalah seorang blog-geek yang gemar merancang desain blog professional. Oke, Setelah kita membangun sebuah blog - dengan tampilan dan kadar seo yang kita anggap sangat mumpuni... Selanjutnya adalah, Apa yang akan kita tulis ? Apa konten berkualitas yang nantinya kita suguhkan di blog, dan mampu memancing ribuan, atau mungkin bisa jadi jutaan visitor ?

Nah, Kalau pertanyaan nya demikian... Berikut EA's Blogging berikan sedikit tips untuk mencari tahu apa niche yang paling cocok untuk Blog Brosist sekalian... Cekidots !



Apa itu Niche?



Niche pada dasarnya adalah isi / tema apa yang kita bahas di blog yang kita kelola. Ini tentang informasi yang kita tawarkan untuk para pembaca nantinya, dan topik apa yang kita eksplor. Brosist bisa memilih niche yang luas dan yang masih jarang dibahas... atau justru bergelut dengan blogger lain di niche yang sangat ketat dan ramai pemain.

Tapi satu hal yang perlu digaris bawahi, Tidak ada yang salah dengan niche apapun selama berada di koridor positif, semuanya mampu memberikan hasil yang maksimal jika dikelola secara maksimal pula. Yang ada hanyalah kesalahan kita yang memilih, dan tak mengeksplor niche tersebut lebih jauh.

Beberapa contoh niche yang banyak ditemui dalam dunia blog-o-sphere adalah :


Blogging

Kesehatan

Gosip

Memasak

Olahraga

Otomotif

Interior Dekorasi

Misteri / Unik



Dan tak hanya niche utama tersebut saja, Brosist sekalian juga bisa mengembangkannya menjadi niche yang lebih spesifik - lebih dalam dibanding niche utama tersebut yang sudah pasti banyak pemain nya. Sebagai contoh, EA's Blog yang membahas tentang niche otomotif, memilih untuk membahas sesuatu yang lebih spesifik yakni tentang motor legendaris dan sejenisnya. Beberapa tulisan yang "mainstream" memang seringkali juga EA's Blog tulis, untuk menambah jumlah pageviews, dan mengurangi angka Bounce Rate.

Jika dalam niche sport (olahraga), Mungkin Brosist bisa memilih blog tentang tim sepakbola tertentu, atau tentang pemain bulutangkis tertentu yang tenar dan disukai. Atau mungkin jika ingin membahas tentang niche memasak, Brosist juga bisa memilih memperdalam blog yang hanya membahas tentang resep yang disukai para vegetarian, Atau resep organik, atau bahkan hanya resep jus yang menyehatkan. Semua niche punya peluang yang sama besarnya, tinggal bagaimana Brosist sekalian yang mengembangkannya nanti. Dan perlu dicatat, yang kita bahas diatas hanyalah beberapa contoh saja ya....

Jadi, Bagaimana cara menemukan niche yang tepat bagi Blog kita?


Apa Passion yang kita punya ?



Setiap orang memiliki hal-hal yang mereka cintai. Mungkin tentang wisata ke tempat-tempat menakjubkan... Mungkin berkebun... Mungkin lukisan... Atau mungkin mendekorasi halaman dan kamar ? Apa yang Brosist sekalian sukai ? Apa yang kita sukai ? Buatlah daftar hal-hal apa saja yang benar-benar bisa membuat kita menikmati setiap saat kita membahasanya.

Oh, atau mungkin sesuatu yang lebih simple dari contoh passion diatas... Seperti, Apa saja hal-hal yang membuat Brosist malas beraktivitas ? Atau tentang beberapa kerajinan unik ? Atau apakah Brosist suka membuat lelucon lucu tentang selebriti ? Atau mungkin penyuka quote dari film-film terkenal ?..... Ya, Bahkan niche-niche simple tersebut berpotensi besar untuk menjaring pengunjung yang lebih banyak. So, Jadilah blogger yang kreatif !



Apakah Brosist Punya Suatu Keahlian Khusus ?


Beberapa orang sudah memiliki bidang keahlian, seperti menjadi dokter, pengacara, dosen, fotografer, mekanik, atau seorang super-chef yang benar-benar ahli memasak. Apa hal yang Brosist sangat kuasai, atau hal-hal dimana Brosist memiliki sertifikasi ? Apakah ada suatu hal yang benar-benar kita kuasai, dan layak untuk dibagikan untuk milyaran pengguna internet di luar sana ?

Tuliskan hal-hal yang Brosist lakukan dengan baik ! Bahkan sekalipun kita tidak terlalu menyukai hal-hal tersebut (Biasanya sih nggak demikian). Ini akan memberi Anda ruang lingkup yang benar, dan kemudahan untuk memperluas jangkauan niche blog kita. Dan hasilnya ? BOOM !



Apa Tema yang bisa Kita Tulis untuk Waktu yang Lama ?


Oke, setelah membaca poin pertama dan kedua diatas, Kini Brosist memiliki daftar hal-hal yang disukai, hal yang bisa kita nikmati, hal yang kita pintar disana, dll. Blog adalah tentang Konten & Konsistensi. Bahkan jika Anda mencintai sesuatu, namun tidak dapat menulis tentang hal itu hari demi hari, blog Anda tidak akan pergi ke mana pun. yang artinya, tak akan maju dan stuck !

Pastikan kita memilih topik yang nantinya akan memiliki banyak ide untuk dapat menulis apapun lagi, lagi, lagi, lagi dan lagi tanpa merasa bosan untuk jangka waktu satu, dua atau bahkan lima tahun dari awal blog kita mulai dibuat. Dalam waktu tersebut, Kita harus tetap bisa membuat konten segar untuk blog. Tapi perlu diingat, jika Brosist sangat menyukai suatu hal, Rasa-rasanya kita akan merasa mudah untuk menulis tentang apapun, dan kapanpun itu.



Ayo Mulai !


Jika sudah menemukan niche yang benar-benar kita nikmati, Dimana kita akan merasa mudah untuk menulis posting tentang hal-hal yang berkaitan dengan niche tersebut. Tentu, Kita juga masih bisa menulis tentang niche lainnya (yang mungkin kata orang-orang di luaran sana punya peluang iklan yang besar), tetapi catat ini baik-baik... Hal tersebut takkan jadi apa-apa dibandingkan dengan menulis blog tentang konten yang benar-benar kita sukai.

Jadi tunggu apalagi, Buatlah sebuah blog - pilihlah sebuah niche yang kita sukai - dan mulailah sekarang Bro !

No comments:

Post a Comment