Wednesday 13 July 2016

Demam Film "Found Footage"...

Saat artikel ini ditulis, mungkin orang-orang lagi sibuk bahas film "Independence Day: Resurgence" yang lagi booming. Dari yang rame bahas spoiler, minta traktir nonton sama gebetan, sampai yang setia nunggu link filmnya aktif di web lokal... Persis saya contohnya, hahahaa. Tapi bukan ide tersebut yang ada di ujung jemari lentik saya, Melainkan sebuah genre movie (film) yang baru-baru ini bikin semangat nonton lagi: found-footage! Nah yuk kita bahas. . .


Demam Film "Found Footage" - Apollo 18


Kalau ada yang ikuti timeline facebook pribadi EA's Blogging (bukan fanspage), pastinya sudah paham kalau saya itu salah satu pecinta film bergenre sci-fi. Alasannya banyak, kalau disebutkan satu-persatu malah bisa dijadikan artikel sendiri deh. Pokoknya film seperti "2001: A Space Odyssey", "Interstellar", "I Origins", "Inception", "Predestination", "National Treasure-series", dan seabrek film sci-fi lainnya sampai pernah saya tonton berkali-kali. Addicted ya Kang? Ah nggak juga sih ya, cuma asik aja kalau sesekali "nyetrum" otak biar bisa berimajinasi lebih jauh.


Sampai suatu hari saya tonton film sci-fi yang agak nyentrik, berjudul "Apollo 18" - Yang menceritakan tentang perjalanan crew Apollo 18 ke bulan dan mengungkap jawaban: Kenapa tak ada lagi manusia yang berhasil ke bulan di era modern ini? Hmmm... Kalau dari spoilernya sih terkesan basi ya, Karena ada banyak film dengan tema yang mirip-mirip. Tapi percaya deh, yang satu ini lumayan berbeda... Karena di film ini nggak cuma unsur sci-fi nya aja yang bikin greget, Tapi juga dipadu dengan tema found-footage yang terkesan lebih "real" dan membuat kita (yang nonton) seolah merasakan apa yang dialami oleh sang lakon film tersebut.

Saking serunya nonton Apollo 18, Sampai-sampai segelas kopi panas ludes dalam setengah jam. Alhamdulillah, film itu bikin saya menyeduh 2 gelas kopi hitam, hahahaa...



Karena libur panjang (lebaran) kemarin sudah diputuskan kalau saya sekeluarga nggak mudik, Yowess akhirnya banyak waktu senggang yang sayang kalau cuma dipakai tidur... Setelah Apollo 18, saya coba browsing lagi beberapa film dengan tema serupa - bahkan sampai yang non-scifi juga lho! Buat yang penasaran, nih ada secuil film "found-footage" yang layak Brosist tonton.


Europa Report


Misi perjalanan ke Europa, Bulannya planet Jupiter yang konon punya unsur kehidupan layaknya di bumi... Endingnya diluar ekspektasi, found footage nya juga terkesan lebih "rapi" dibanding semua list yang saya sebutkan.


The Blair Witch Project


Ini dia film horror yang bikin saya tutup mata berkali-kali (karena emang aslinya parno, wkwkwk)... Film horror yang nggak ada setan atau penampakannya, Tapi bisa bikin film murni horor seperti "The Ring" atau "Darkness Falls" jadi kayak tontonan anak SMP. Konon juga jadi inspirator lahirnya film horor-footage lain seperti Paranormal Activity contohnya.


The Bay


Salah satu film yang entah kenapa terkesan "underrated" dan ratingnya juga jelek di IMDB, padahal menurut saya film ini layak ditonton... Menggabungkan unsur "creature", sci-fi, thriller dan found-footage, Kita diajak berfantasi tentang akibat dan efek yang bisa timbul dari "Chicken Shit" - Atau bahasa Indonesianya, Eek Ayam.


Cloverfield


Film found-footage ultimate tentang monster gede yang menyerang Amerika... Selain filmnya yang terkesan "real" banget, Efek subliminal message alias pesan tersembunyinya juga bikin penasaran deh!


Project Almanac


Apa jadinya kalau film science fiction bertema mesin waktu digabungkan dengan found-footage? Nah Project Almanac adalah salah satu jawabannya... Plotnya nggak jauh berbeda dari film time-travel kebanyakan, Tapi di film ini efek domino yang ditimbulkan mesin waktu ke penggunanya bisa lebih terasa ke penonton.




Well, Buat sebagian orang, tema found-footage mungkin bukan film favorit... Karena kualitas gambar serta gerakan kamera yang berantakan (maklum, ceritanya kan video amatir gitu deh) konon bisa menimbulkan halusinasi dan gangguan kesehatan bagi tipe orang tertentu - Meskipun sejauh ini di saya sih aman sadayana tuh.

Atau mungkin film ini juga punya efek lain kali ya? Bikin ketagihan atau Merangsang penontonnya posting di blog mungkin?? Yaaahhh, kalau begitu sih saya jadi korban pertama, hahahaa...


No comments:

Post a Comment