Wednesday 26 August 2015

Jadi Blogger Blak-Blakan itu Sulit Juga ya

Jadi blogger yang blak-blakan itu susah-susah gampang (banyakan susahnya lho ketimbang gampangnya). Dalam pengamatan saya sebagai blogger otomotif newbie, Kadang kita harus dihadapkan dengan persoalan pelik saat membahas suatu produk.

Kalau hanya menulis kelebihannya saja dianggap sales, Apalagi kalau menulis tentang kekurangannya... Sebutan Fansboy tetangga lah, Black Campaign lah, Ini lah, itu lah, Jadi santapan sehari-hari yang terasa getir.






Padahal kalau kita amati dengan teliti, Tak ada suatu produk pun yang sempurna. Masing-masing punya berbagai kelebihan & kekurangan yang justru "terasa saling melengkapi" (bisa menemukan hal aneh dari kata-kata tadi ?), antara satu produk dengan yang lainnya. Ya iyalah, Kalau ada produk yang sempurna, Maka jualannya bubaran deh, alias cuma menjual satu produk unggulan tersebut saja...

Tapi itu semua jelas nggak berlaku untuk oknum Sales Kurang Kerjaan (karena sales yang banyak kerjaan pasti repot ngurusin orderan) & Fansboy Garis Keras. Kerjaan mereka hanya mengagung-agungkan merek kecintaannya sambil mengutuk dan mencaci maki bila ada yang membahas setiap inci kekurangan dari produk kecintaannya tersebut.


Ya seperti saya ini, Sebagai blogger tugas saya adalah untuk mengupas tuntas segala kekurangan & kelebihan suatu produk dari persepsi saya sendiri... Kelebihannya saya jadikan info untuk para pembaca sekalian, begitupun dengan kekurangannya - sekaligus saya jadikan masukan untuk para produsen agar kedepannya tak ada lagi kekurangan yang sama... Tapi di mata para oknum tersebut, Saya pasti langsung dikira Penggiringan opini lah, Sales pabrikan sebelah lah, Sekedar cari sensasi lah, apalah apalah... Ckckckck, what the hell happen ??


Kadang mendengarnya suka bikin gemes juga euy Brosist, Harap maklum, Blogger juga manusia yang punya batas kesabaran. Apalagi dasarnya saya juga memang orangnya emosian, wkwkwk, klop deh ! Nah, Apakah kedepannya Blogger harus menuruti kemauan "mereka" untuk membuat review hanya versi bagusnya saja ? Atau menonaktifkan kolom komentar layaknya media-online otomotif tanah air ?? Nyaahhh....

Kalau EA's Blog sih, Tentu saja tidak !! Sebagai blogger, Kebebasan menulis tentu berada di tangan sang penulis, Berbeda cerita dengan media-online, misalnya. Tulisan pun sebenarnya bebas, Karena ini ranah pribadi, Asal masih masuk akal & logika saja, heheheee... Meskipun tentunya balik lagi kepada si pemilik blog itu sendiri, Apakah yang bersangkutan bersedia untuk mengikuti kemauan fansboy (atau kemauan amplop pabrikan #eh), Atau justru jadi pencerah dengan membeberkan segala poin plus dan minusnya...


Kalau kurang ya tulis kurang, Kalau jelek ya tulis jelek, Kalau bagus ya tulis seadanya.... Lah wong saya juga nggak dapet apa-apa dari mereka koq ! Kecuali diiming-imingi 10 biji moge kesukaan saya, Baru deh difikir-fikir lagi.... Eh, tunggu dulu deh, Tapi sepertinya itupun hanya mimpi, Mimpi seorang blogger.....

1 comment:

  1. The best slot machines to play in 2021 - DrmCD
    Top 10 slot 대전광역 출장샵 machines to 과천 출장마사지 play in 2021 · 1. Red 양주 출장샵 Dog - Blackjack, Roulette · 2. Buffalo King - Craps · 3. Wild West 경주 출장샵 Gold · 4. Raging Bull 화성 출장마사지 Poker - Slot

    ReplyDelete