Thursday 18 June 2015

Kesalahan Blogger Pemula #2 : Heboh Tampilan !




Sebagai manusia, Wajar rasanya bila kita menginginkan tampilan yang menawan layaknya David Beckham (Pria) ataupun Scarlett Johansson (Wanita)... Tapi, Sepertinya itu semua tak berjalan lurus dengan kehidupan sebagai Blogger. . . Mengapa ? Tampilan Blog yang menawan tersebut justru membuat pengunjung blog tak betah berlama-lama membaca artikel yang kita sajikan. . . Mengecewakan bukan ?

Nah, Seperti pembahasan sebelumnya tentang Kesalahan Blogger Pemula yang terlalu Heboh SEO... Berikut ini adalah beberapa metode "salah kaprah" dari Blogger Pemula tentang Tampilan Blog, Yang naasnya juga pernah dialami oleh EA's Blog saat awal mula memulai ngeblog beberapa tahun silam. . . Apa saja ? Yuk, Cekdisot !


Tampilan Blog Super Ramai Bagaikan Pasar !





Para blogger pasti menginginkan tampilan blog terlihat keren, cantik, dan menarik... Agar pengunjung betah berlama-lama membaca artikel yang kita sajikan... Hayo ngaku, Iya kan ?? Padahal kenyataannya ? Tidak demikian !!

Tampilan Blog yang terlalu ramai justru membuat loading blog menjadi sangat berat (baca : lama), dan akhirnya membuat pengunjung pun kabur satu-persatu. . . Oleh karena itu setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi miss-understanding antara tampilan dan hasilnya nanti bagi trafik blog kita. . .

Perhatikan Theme (Template)


Template Magazine Loading Lemot


Template untuk blog kini sudah banyak macamnya, banyak juga blogger yang menyajikannya sebagai pembahasan utama di blognya... Mulai dari yang sangat simple nan minimalis, hingga yang bejubel ramai bak pasar murah ala media-online kenamaan tanah air. . . Namun jangan salah sangka, Bagi pemula seperti kita, Tampilan blog lah yang nantinya sedikit berpengaruh untuk kelangsungan blog kita loh Brosist... Banyak yang "menjajakan" template gratisan nan ciamik layaknya tampilan magazine, namun ternyata hasilnya... Berat, loading lemot, tidak mobile-friendly, atau masalah lainnya. . .

Oleh karena itu, Sebaiknya kita sebagai Blogger Pemula tidak asal-asalan dalam memilih template. . . Setelah ketemu template yang sesuai dengan keinginan, Sebaiknya sebelumnya kita cek dulu template tersebut di situs Google Pagespeed sebelum theme tersebut dipasang/diinstall di blog kesayangan kita... Kemudian lihat hasilnya, Apakah loading blog cepat atau justru malah berat & lemot. . . Hasil 90-100% menurut EA's Blogging adalah sebuah keharusan, sebelum template tersebut nantinya kita gunakan. . .

Jangan Terlalu banyak Iklan !!




Oke, EA's Blogging ngerti koq, kalau kita sebagai blogger juga pasti menginginkan tambahan penghasilan lewat karya yang sudah kita tulis di blog kesayangan... Tapi, Please dong ah ! Masa iklannya sampai menutupi artikel juga, Kan jadi nggak lucu namanya...

Blog yang memasang iklan terlalu banyak, justru bisa menyebabkan loading blog menjadi semakin lambat... Apalagi bagi blogger pemula yang kadang memborong iklan sekaligus dari beberapa advertiser demi mendapat recehan dollar jauh lebih cepat. . .


Gunakan Widget Seperlunya !


Widget Blog


Hati-hati dalam memasang widget di Blog Brosist sekalian, Karena justru banyak widget yang bisa memperberat loading blog... Beberapa diantaranya, Widget Facebook like box, Widget Follow Twitter, Widget google plus, Widget Javascript, dan masih banyak lagi Widget yang membuat Blog jadi lebih berat saat di-loading. . . Memang sih, widget tersebut cukup bermanfaat untuk memperbanyak follower, like, ataupun demi popularitas lainnya, tapi resiko nya juga cukup besar bagi trafik blog nantinya. . .

Jadi, sebaiknya pikirkanlah sebelum Brosist sekalian memasang widget keren di blog. Apakah widget tersebut benar-benar bermanfaat bagi pengunjung dan blog? Ataukah justru widget tersebut memperberat loading blog ? Apakah widget tersebut mengandung virus malware yang membahayakan bagi perangkat lunak pembaca atau tidak ? So, Be Wise

Minimize Ukuran Gambar


Resize Gambar Blog


Sebuah Artikel berkualitas jika tanpa disertai gambar pendukung, bagai sayur tanpa garam... Demi memperkuat konten artikel, Pasti Brosist sekalian sering memasukkan gambar kedalam artikel di blog kita. . . Apalagi untuk blog tutorial yang menyajikan langkah-langkah pengerjaan, pasti bakal membutuhkan banyak gambar screenshot didalam satu postingan... Namun, Ada satu hal yang membuat hal ini menjadi riskan yakni makin banyak gambar, maka semakin berat pula lah loading blog tersebut. . .

Untuk itu sebagai solusinya, sebaiknya kita memperkecil ukuran gambar agar bisa mempercepat loading blog... Gunakan resize image yang disediakan oleh masing-masing platform ngeblog kita... Jika memang gambar terlalu banyak, usahakan minimal 50 Kb untuk masing-masing gambar. . . Tujuannya selain membuat blog lebih ringan, juga tak membuat pengunjung bete lantaran loading blog yang berat & lemot. . .


So, Gimana Brosist.... Semoga Blogger pemula lainnya jangan sampai terjerumus ke kesalahan yang sama layaknya yang pernah dilakukan EA's Blogging dulu ya. . . Happy Blogging !!

No comments:

Post a Comment